Pages

Monday

Cara mengajar kucing buang air di bilik air...

Kucing sangat fussy mengenai kebiasaan toiletnya dan biasanya akan dapat belajar untuk menggunakan litter tray nya sendiri dengan mengikuti contoh dari ibunya. Anda hanya harus menunjukkan pada kucing anda di mana letak litter tray nya dan tempatkan kucing anda di sana setiap kali bangun di pagi hari dan setelah selesai makan, atau ketika kucing anda mulai berperilaku seperti membaui sesuatu, mencakar-cakar, atau mulai menggaruk-garuk lantai. Biasanya mereka akan mulai mencakar-cakar dan mencari sebuah sudut untuk di jadikan sebagai toilet.
Anda akan membutuhkan litter tray plastik yang dapat di isi dengan pasir, atau pasir kucing yang tersedia di pet shop. Tanah dari kebun sebaiknya tidak di gunakan untuk litter tray terutama untuk kucing yang belum di vaksin karena di khawatirkan dapat membawa penyakit dari kucing lain yang menjadikan tanah tersebut sebagai toilet. Litter tray sebaiknya di beri alas Koran untuk menghindari tumpahnya pasir selama kucing menggali, atau jika ada gunakan litter tray yang jauh lebih besar. Jika anda berniat untuk membiarkan kucing anda menggunakan kebun anda sebagai toiletnya, tempatkan litter tray di kebun anda sebagai permulaannya hingga akhirnya kucing anda terbiasa dengan lingkungan barunya.

Letakkan litter tray di pojokan yang sepi dan dapat di akses dengan mudah sehingga kucing anda tidak akan terganggu. Pastikan litter tray tidak berada dekat dengan tempat makan dan minum. Kucing biasanya segan untuk memakai litter tray jika terlalu dekat dengan tempat makan dan minum mereka.

Jangan lupa untuk sering membersihkan dan mengganti pasir di litter tray secara regular supaya kucing anda dapat terus menggunakannya dengan nyaman karena kebanyakan kucing tidak akan mau untuk terus memakai litter tray nya jika sudah mulai mencium bau yang tidak enak.

Jangan menggunakan disinfektan seperti dettol yang tampak keruh ketika bercampur dengan air karena dapat mengakibatkan keracunan dan alergi pada kucing anda. Gunakan air hangat dan deterjen untuk membersihkan litter tray. Kecuali jika anda menggunakan disinfektan yang khusus untuk membersihkan peralatan binatang piaraan.

Jika kucing anda tetap tidak bias menggunakan litter tray nya dan membuat rumah anda berantakan dengan kotorannya. Kurung kucing anda dan litter tray nya di sebuah ruangan dan jangan biarkan kucing anda keluar sampai dia benar-benar menggunakan litter tray nya.

Jika kucing anda tetap segan untuk memakai litter tray nya, boleh jadi karena beberapa hal berikut :

Tidak cukup bersih --- kosongkan dan bersihkan lebih sering

Tidak cukup besar ---jika kucing anda mulai besar ganti litter tray dengan yang lebih besar sehingga kucing anda bisa leluasa bergerak di dalam litter tray nya tanpa menjadi kotor.

Anda mungkin mencucinya dengan bahan kimia yang terlalu kuat.

Terlalu dekat ke tempat tidur atau tempat makanan.

Kucing anda tidak menyukai tekstur pasir yang anda pilih, ganti dengan pasir yang biasa di gunakan.

Ketika kucing anda sudah mulai sering keluar rumah, secara bertahap pindahkan litter tray nya ke dekat pintu. Sebarkan sedikit pasir litter tray di kebun anda sehingga kucing dapat mengenalinya dan mulai menggali di sana. Jangan biarkan memindahkan litter tray ke luar rumah sampai kucing anda benar-benar menggunakan kebun sebagai toiletnya.

0 komen ..^_^:

Post a Comment